Selasa, 30 April 2013

30.pengertian komunikasi dalam manajemen pendidikan

   Komunikasi merupakan suatu yang sangat pokok dalam setiap 
hubungan orang-orang, begitu pula dalam suatu organisasi terjadinya 
komunikasi tentunya ada tujuan yang ingin dicapai. Hal sesuai dengan 
pendapat Maman Ukas mengemukakan tujuan komunikasi sebagai berikut : 
 
1.      Menentapkan dan menyebarkan maksud dari pada suatu usaha. 
 
2.      Mengembangkan rencana-rencana untuk mencapai tujuan. 
 
3.      Mengorganisasikan sumber-sumber daya manusia dan sumber daya 
lainnya seperti efektif dan efisien. 
 
4.      Memilih, mengembangkan, menilai anggota organisasi. 
 
5.      Memimpin, mengarahkan, memotivasi dan menciptakan suatu iklim 
kerja di mana setiap orang mau memberikan kontribusi.[3] 
 
  
 
Selanjutnya Oteng Sutisna mengemukakan bahwa dalam proses komunikasi 
tentunya memerlukan unsur-unsur komunikasi, yaitu : 
 
1.      Harus ada suatu sumber, yaitu seorang komunikator yang mempunyai 
sejumlah kebutuhan, ide atau infromasi untuk diberikan. 
 
2.      Harus ada suatu maksud yang hendak dicapai, yang umumnya bias 
dinyatakan dalam kata-kata permbuatan yang oleh komunikasi diharapkan 
akan dicapai. 
 
3.      Suatu berita dalam suatu bentuk diperlukan untuk menyatakan fakta, 
perasaan, atau ide yang dimaksud untuk membangkitkan respon dipihak 
orang-orang kepada siapa berita itu idtujukan. 
 
4.      Harus ada suatu saluran yang menghubungkan sumber berita dengan 
penerima berita. 
 
5.      Harus ada penerima berita. Akhirnya harus ada umpan balik atau 
respon dipihak penerima berita. Umpan balik memungkinkan sumber berita 
background image
 
www.aadesanjaya.blogspot.com 
 
 
 
untuk mengetahui apakah berita itu telah diterima dan dinterprestasikan
dengan betul atau tidak.[4]

Berdasarkan dari unsure-unsur tersebut, jelaslah bahwa dalam kegiatan
komunikasi itu di dalamnya terdapat unsure-unsur yang ada dalam
komunikasi, baik itu unsur sumber yang merupakan sebagai komunikator
yang memiliki informasi atau berita yang akan disapaikan terhadap penerima
informasi dengan melalui atau menggunakan saluran atau media
komunikasi, antar unsur yang satu dengan yang lainnya jelas sekali adanya
suatu keterkaitan, dan apabila salah satu unsur itu tidak ada kemungkinan
proses komunikasi akan mengalami hambatan.

 C.    Fungsi-Fungsi Komunikasi

Sesuai dengan tujuan dari komunikasi, maka dalam suatu organisasi
komunikasi mempunyai beberapa fungsi. Hal ini sebagaimana menurut
Maman Ukas bahwa fungsi komunikasi adalah :

1.      Fungsi informasi

2.      Fungsi komando akan perintah

3.      Fungsi mempengaruhi dan penyaluran

4.      Fungsi integrasi[5]

 

Dari fungsi komunikasi tersebut, bahwa fungsi informasi, dengan melalui
komunikasi maka apa yang ingin disampaikan oleh narasumber atau
pemimpin kepada bawahannya dapat diberikan dalam bentuk lisan ataupun
tertulis. Melalui lisan manajer atau pemimpin dengan bawahan dapat
berdialog langsung dalam menyampaikan gagasan dan ide.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar