Selasa, 30 April 2013

14.pengertian organisasi dan tata cara di dalam kerja


Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa organisasi merupakan suatu tempat dimana orang yang memiliki visi misi atau tujuan yang sama berkumpul. Suatu organisasi yang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan maka organisasi tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah perusaahaan. Managemen sendiri memiliki arti melaksanakan atau mengatur, maka dari pengertian managemen dan organisasi terdapat suatu hubungan keterkaitan dimana Sebuah organisasi pasti memiliki visi misi dan tujuan bersama, maka untuk menuju tujuan atau visi tersebut maka diperlukan sebuah pengaturan atau pengelolaan yang baik demi terwujudnya sebuah organisasi yang solid dan tercapai sebuah visi yang telah disepakati. Dalam sebuah proses managemen sendiri pastinya terdapat yang dinamakan struktur organisasinya, dimana di top level dari managemen terdapat manager yang bertugas mengatur.dan selanjutnya terdapat staf staf yang bertugas membantu jalannya proses managemen suatu organisasi. Jadi dalam rangka menuju organisasi yang baik maka perlu adanya managemen yang baik, sebaliknya proses managemen tidak akan berjalan tanpa adanya organisasi di dalamnya. 


Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :

·  Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
·  Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
·  Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
 Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

Hubungan Timbal Balik Antara Organisasi dan Metode (Tata Kerja). Dengan adanya metode atau tata kerja dalam organisasi sehingga pada proses kegiatan dapat menyusun perencanaan kerja, dengan lebih terkoordinir dalam membentuk sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dengan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan tepat dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga hubungan timbale baliknya juga sangat baik. Penggambaran diatas telah jelas memberikan keterangan bahwa Organisasi, Manajemen, dan Tata Kerja ( Metode ), bila semuanya terurut dan dilaksanakan dengan benar, maka secara otomatis suatu tujuan Organisasi pun akan tercapai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar