Selasa, 30 April 2013

04.motivasi untuk blajar

motivasi untuk blajar
  

2.1 Pengertian Motivasi
Motivasi adalah sesuatu yang menunjuk ke kekuatan yang mendorong dan mengarahkan keberhasilan perilaku yang tetap kearah  tujuan yang tertentu. Sedangkan motif sendiri sering diartikan dengan istilah dorongan. Dorongan atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Suatu ciri dari motif adalah bahwa kita tidak akan pernah mengamati motif ini secara langsung. Motif disimpulakn dari perilaku (segala sesuatu yang dikatakan dan dilakukan). Contohnya : siswa mengerjakan tugas agar berprestasi, jadi ada observasi pada siswa tersebut agar diketahui adanya motif lain.
2.2  Beberapa Teori Tentang Motivasi
Teori motivasi :
“untuk memberi serangkaian prinsip-prinsip untuk memberi petunjuk pemahaman kita tentang dorongan, keinginan, kebutuhan, usaha, dan tujuan yang datang dari motivasi.”
1.    Teori Drive
Sebagai (teori-teori dorongan tentang motivasi) :
Ø  Perilaku didorong kearah tujuan oleh keadaan-keadaan yang mendorong dalam diri seseorang atau binatang.
Contohnya : Freud, 1940/ 1949 “ ide-idenya tentang kepribadian pada bawaan, kelahiran, dorongan seksual, dan agresif atau drive.”
Motivasi terdiri dari :
1.    Suatu keadaan yang mendorong
2.    Perilaku yang mengarah ketujuan yang di ilhami oleh keadaan terdorong
3.    Pencapaian tujuan yang memadai
4.    Pengurangan keadaan terdorong dan kepuasan subjectif dan kelegaan ketika tujuan sudah tercapai.
2.    Teori-teori Insentif
Boles Pfaffmann dalam Morgan, dkk 1986, mengatakan bahwa “ada sesuatu tentang tujuan itu sendiri yang memotivasi perilaku”. Teori insentif adalah teori-teori dorongan tentang motifasi. Karena ciri-ciri tertentu mereka memiliki, objek tujuan mendorong perilaku kearah tujuan tersebut, insentif (objek-objek tujuan yang motivasi perilaku).
Satu bagian penting dari banyak teori INSENTIF adalah Individu-individu mengharapkkan kesenangan dari  PENCAPAIAN dari apa yang mereka sebut INSENTIF POSITIVE dan PENGHINDARAAN disebut INSENTIF NEGATIVE. Contohnya : Gaji,bonus,vakansi,dsb. Daripada dorongan dan pengurangan dorongan.

3.    Teori Oponen Proses.
Pandangan hedonistik tentang perilaku mengatakan bahwa kita dimotivasi untuk mencari tujuan yang memberi kita perasaan emosi yang enak dan menghindari tujuan yang menghasilkan ketidakenakan.
Dasar teori :
Ø  Emosi-motivasi diikuti oleh keadaan yang berlawanan.
Contohnya : perasaan senang dan bahagia diikuti oleh perasaan khawatir dan takut.
4.       Teori – Tingkat Optimal
Ø  Pada umumnya terdapat teori HEDONISTIK bahwa ada suatu optimal tertentu atau paling  baik, tingkat dorongan yang menyenangkan. Contohnya : Fiske, Maddi dan Berylyne, 1961 mengungkapkan Just Right theory yang mengatakan “individu dimotivasi untuk berperilaku dalam suatu cara untuk mencapai tingkat dorongan (arousal )yang optimal”

3.1 Pengertian Prestasi
Kebutuhan berprestasi adalah salah satu motif dari motif sosial.
Prestasi adalah perilaku yang berorientasi tugas yang mengijinkan prestasi individu di evaluasi menurut kriteria dari dalam maupun  dari luar, melibatkan individu berkompetensi dengan orang lain.
Orang sukses memiliki dua motif dalam hidupnya, yaitu:
1. Berprestasi
2. Motivasi berkompetensi yang kuat.
3.2 Motivasi Berprestasi
Teori Motivasi Berprestasi mengemukakan bahwa, manusia pada hakikatnya mempunyai kemampuan untuk berprestasi diatas kemampuan orang lain. Teori ini memiliki sebuah pandangan (asumsi) bahwa kebutuhan untuk breprestasi itu adalah suatu yang berbeda dan dapat dan dapat dibedakan dari kebutuhan-kebutuhan yang lainnya.
Menurut Mc Clelland, seseorang dianggam memiliki motivasi untuk berprestasi jika ia mempunyai keinginan untuk melakukan suatu karya berprestasi lebih baik dari prestasi karya orang lain. Ada tiga jenis kebutuhan manusia menurut Mc Clelland, yaitu kebutuhan untuk berprestasi, kebutuhan untuk kekuasaan, dan kebutuhan untuk berafiliasi.
Teori mengenai motivasi atau kebutuhan manusia selama ini mungkin yang lebih Anda kenal adalah teori dari Abraham Maslow dengan hierarki kebutuhannya. Tapi, sebenarnya ada banyak para ahli dengan pendapat mereka masing-masing tentang teori motivasi, termasuk David Mc Clelland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar