Selasa, 30 April 2013

15.pengetahuan tentang psikotes

TIPS MENGHADAPI PSIKOTES


Banyak teman, saudara dan kenalan ketika tahu saya dari psikologi mereka memberikan satu pernyataan dan satu pertanyaan. Pernyataan yang pertama kali mereka sampaikan adalah "Waahh... bisa tau tentang saya donk!" dan biasanya langsung mereka lanjutkan pada pertanyaan "Kalau mau lulus psikotes, gambarnya harus gimana sih?".
Dari pernyataan dan pertanyaan tersebut terkadang saya suka kehabisan kata-kata untuk menjelaskan kesalahpahaman mengenai psikologi dan psikotes  Maka dari itu, saya mencoba menuliskan pendapat saya mengenai pernyataan dan pernyataan tersebut. Jika ada yang salah tolong berikan saya masukan, jika bisa diterima silahkan dijadikan sebagai pengetahuan.
Pertama, betul kami bisa tahu tentang kepribadian seseorang, namun kami pun harus hati-hati dalam mengambil kesimpulan, tidak serta merta ketika bertemu langsung bisa paham, kami harus melewati beberapa proses terlebih dahulu untuk bisa memahami seseorang, (dukun aja harus baca jampi dulu kan? Laughing).
Kedua, mengenai pertanyaan bagaimana tips lulus psikotes. Pertanyaan ini juga lumayan buat saya sedikit kehabisan kata untuk menjelaskannya. Harus diingat bahwa psikotes bukanlah ujian, dimana ada istilah benar dan salah secara ketat (kalau salah jawab otomatis salah dan sebaliknya), jadi kerjakanlah psikotes berdasarkan diri Anda, tidak usah mencari bocoran, tidak usah mencari contekan, kerjakanlah sesuai dengan kebiasaan dan pemahaman Anda.
Walaupun begitu, saya memiliki beberapa tips agar Anda bisa mengerjakan psikotes dengan baik, yaitu:
1. Istirahat cukup, jangan bergadang jika besok hari Anda akan psikotes.
2. Sarapan sebelum berangkat psikotes.
3. Tidak perlu menghiraukan segala macam bentuk contekan atau trik lulus psikotes seperti yang ada dalam beberapa buku (ingat ini tentang diri Anda, bukan diri orang lain yang buat buku tersebut).
4. Datanglah tepat waktu.
5. Dengarkan instruksi setiap tes.
Itu tips menghadapi psikotes dari saya, jika ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan, jika ada yang ingin menambahkan saya persilahkan dan jika ada yang ingin memberikan kritik saya terima dengan tangan terbuka.
Semoga Suksess...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar